Bendera hitam

Bendera Hitam

Warna hitam sudah dihubungkan dengan anarki sejak tahun 1880-an. Banyak dari kelompok anarkis yang menggunakan kata "hitam" (b. Inggris : black) pada nama kelompok mereka.

Warna hitam polos dibendera ini merepresentasikan penolakan terhadap semua sistem yang menindas. Bagi anarkis, Warna hitam juga merupakan penghapusan dari segala warna. Penghapusan warna yang selalu dibeda-bedakan dan yang membuat manusia dibeda-bedakan oleh warna dari benderanya (misalnya adanya perbedaan perlakuan yang dilakukan oleh kaum kulit putih terhadap kulit berwarna dalam mendapatkan haknya).

[sunting] Sejarah Bendera hitam

Bendera hitam, pada mulanya digunakan oleh 'work or death' (bekerja atau mati) sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh kaum pegangguran di Perancis pada tahun 1831. Tapi sebenarnya akar dari bagaimana bendera hitam jadi sebuah simbol dari revolusi telah ada jauh sebelum demonstrasi tersebut terjadi.

Sekitar tahun 1400, sebuah grup radical "Free Spirit" di Czechoslavakia memakai bendera hitam dengan gambar piala berwarna merah ditengahnya. Lalu, bendera hitam dilaporkan juga digunakan dalam perang kaum tani di Jerman tahun 1525. Begitu juga dengan kelompok bajak laut juga mengibarkan "Jolly Roger", sebuah bendera hitam dengan gambar tengkorak dan tulang yang disilangkan. Masih banyak kelompok-kelompok atau revolusi lainnya yang menggunakan bendera hitam sebagai lambang revolusinya.


http://ind.anarchopedia.org/Simbol-simbol_Anarkis_dan_Anarkisme

Blog Archive